Sebanyak 1.1 Juta Batang Rokok Ilegal dan 51,8 Liter Miras Ilegal Ditindak Bea Cukai Jambi

TEMUAN2747 Dilihat

DETAIL.ID, Jambi – Sebanyak 1.1 juta batang rokok illegal dan 51,8 liter Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal berbagai merek ditindak oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Jambi sepanjang Januari – Februari 2024.

Dalam keterangan tertulisnya pihak KPPBC Jambi yakni Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Benny Mauritz Simatupang menguraikan pada 23 Februari 2024, Bea Cukai Jambi melakukan penindakan rokok ilegal pada perusahaan jasa ekspedisi di wilayah Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Petugas dalam operasi tersebut pun menemukan lebih dari 400 ribu batang rokok jenis sigaret kretek mesin dan sigaret putih mesin berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai sesuai ketentuan.

“Sehari sebelumnya, di perusahaan jasa ekspedisi lain, Bea Cukai Jambi juga telah melakukan penindakan rokok ilegal sejumlah 300 ribu batang berbagai merek,” kata Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Benny Mauritz.

Sehingga total, lanjut dia, dalam seminggu terakhir sudah dilakukan penindakan lebih dari 700 ribu batang rokok ilegal.

Selain pengawasan peredaran rokok ilegal, pada 19 Februari 2024 Bea Cukai Jambi juga melakukan penindakan sejumlah 18,3 liter MMEA ilegal berbagai merek yang didistribusikan melalui perusahaan jasa ekspedisi di Kec Pasar, Kota Jambi.

“Dari hasil penelitian awal, diduga MMEA tersebut dilekati pita cukai palsu. Temuan ini menjadi bukti nyata akan adanya upaya pemalsuan pita cukai,” ujar Benny.

Benny pun memaparkan bahwa sepanjang bulan Januari – Februari 2024, Bea Cukai Jambi telah berhasil melakukan penindakan rokok ilegal lebih dari 1.1 juta batang rokok ilegal dan 51,8 liter MMEA ilegal berbagai merek.

Menurut Benny komitmen Bea Cukai Jambi dalam memberantas peredaran barang kena cukai ilegal dibuktikan dengan bentuk sinergi dan kerjasama untuk melakukan penindakan yang efektif dengan APH terkait seperti TNI AD, Kepolisian, Kejaksaan, Avsec, Pemprov Jambi, dan stakeholder terkait seperti para perusahaan jasa ekspedisi.

“Bea Cukai Jambi mengimbau masyarakat untuk tidak menjual atau membeli rokok ilegal maupun MMEA ilegal yang beredar di pasaran dan bekerja sama dalam mengatasi masalah ini demi terciptanya lingkungan yang aman dan sehat untuk kita semua,” ujarnya.

Reporter: Juan Ambarita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *