Berbahaya! Beberapa Aplikasi Ini Dapat Mengancam Data Pengguna Karena Dapat Dicuri

Edukasi, Teknologi3699 Dilihat

Jakarta – Beberapa aplikasi Android kembali disebut tersusupi malware berbahaya. Menurut perusahaan software antivirus, Malwarefox, setidaknya ada 19 aplikasi yang disusupi beberapa jenis malware, seperti Harly, Joker, dan Autolycos.

Untuk diketahui, malware atau malicious software adalah perangkat lunak berbahaya yang digunakan untuk mencuri data, menyebabkan kekacauan, dan merusak perangkat.

Nah, ketiga malware yang menjangkit belasan aplikasi di ponsel Android itu bisa dimanfaatkan hacker untuk mencuri informasi pengguna, seperti identitas, kata sandi (password), dan data perbankan.

Adapun ketiga malware tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Pertama, ada Harly yang mampu mencuri informasi tentang perangkat pengguna seperti data tentang jaringan seluler.

Disusupi Malware Berbahaya Pencuri Data Semua muatan (payload) di Trojan Harly akan dimanfaatkan untuk memecahkan kode dan meluncurkan serangan malware ke perangkat.

Kedua, terdapat Joker, yakni spyware yang mengumpulkan daftar kontak, pesan SMS, dan detail terkait perangkat yang terjangkit.

Spyware ini juga bisa mendaftarkan perangkat ke layanan premium tanpa persetujuan pengguna. Terakhir, Malwarefox juga menemukan Autolycos yang mirip dengan Joker.

Bedanya, Autolycos memanfaatkan URL di browser yang diakses secara remote (jarak jauh), lalu memasukkan hasilnya ke dalam permintaan (request) HTTP.

Cara ini, menurut Malwarefox, membuat peretasan oleh Autolycos menjadi sulit dideteksi oleh pengguna perangkat yang disusupi malware.

Untuk melancarkan serangan malware dengan Harly, Joker, dan Autolycos, penjahat siber mengunduh dulu aplikasi resmi dari toko Google Play Store.

Kemudian, mereka menambahkan program malware ke dalam aplikasi tersebut dan mengunggahnya kembali ke Play Store dengan nama yang baru.

Pengguna yang tidak cermat dan berhati-hati pun bisa saja mengunduh aplikasi yang sudah disuntik malware tadi, sehingga perangkatnya berisiko.

Apabila tidak segera diatasi, malware tersebut akan menjangkit komputer, laptop, atau ponsel Android pengguna dan data pribadi pengguna bisa dicuri.

Oleh karena itu, pengguna harus segera menghapus setiap aplikasi yang disusupi malware. Berikut daftar 19 aplikasi Android yang terjangkit malware Harly, Joker, dan Autolycos, sebagaimana temuan Malwarefox yang dihimpun KompasTekno dari GizChina, Rabu, 26 April 2023.

Mengandung Malware 19 Aplikasi Android yang disusupi malware Trojan Harly Fare Gamehub and Box, Hope Camera-Picture Record, Same Launcher and Live Wallpaper, Amazing Wallpaper, Cool Emoji Editor and Sticker, Spyware Joker Simple Note Scanner, Universal PDF Scanne, Private Messenger, Premium SMS, Blood Pressure Checker, Cool Keyboard, Paint Art,  Color Message, Malware Autolycos  Vlog Star Video Editor, Creative 3D Launcher, Wow, Beauty Camera, Gif Emoji Keyboard, Instant Heart Rate Anytime, Delicate Messenger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *