Al Haris Mengharapkan DPC APDESI Berkontribusi Dalam Pembangunan dan Kemajuan Daerah Jambi

Advertorial, PEMPROV955 Dilihat

Jambi – Gubernur Jambi, ,Al Haris, mengharapkan DPC APDESI bisa berkontribusi besar dan nyata bagi pembangunan dan kemajuan daerah di Provinsi Jambi. Hal tersebut tersebut disampaikan Gubernur saat menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (DPC-APDESI) Kabupaten Merangin Periode 2023-2028 bertempat di Lapangan Depan Kantor Bupati Merangin, Minggu, 28 Mei 2023.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (DPC-APDESI) Kabupaten Merangin Periode 2023-2028, semoga amanah menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“APDESI adalah Kepala Desa yang aktif berkerja Bersama-sama dengan etos kerja yang saling mendukung dalam pembangunan, para pengurus yang dilantik harus dapat menyesuaikan diri dengan tugas baru yang diemban, saling bekerja sama dalam menyusun dan melaksanakan program kerja, sehingga APDESI Kabupaten Merangin mampu membantu menyukseskan program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah, khususnya desa-desa di Kabupaten Merangin,” ucap Gubernur Al Haris.

“Sebagai sebuah organisasi yang mewadahi para kepala desa, saya berharap pengurus DPC APDESI Kabupaten Merangin dapat membantu pemerintah daerah bekerja sama dengan bupati serta pengurus DPC APDESI Kabupaten Se-Provinsi Jambi. Apa lagi sebentar lagi kita akan menghadapi tahun politik, kita harus pandai membawakan diri membaca situasi dan harus netral. Selain itu dapat memaksimalkan wadah ini sebagai ruang konsolidasi, ruang yang memperteguh dan mempersatukan sesama kepala desa, menyatukan dan menyamakan persepsi untuk menyusun dan melaksanakan program pembangunan demi percepatan kemajuan dan kesejahteraan desa serta masyarakatnya,” katanya.

Selain itu, Gubernur Al Haris juga berharap fungsi APDESI harus dimanfaatkan secara optimal untuk menjadi bagian dari solusi bagi setiap permasalahan yang ada di masyarakat, melahirkan inovasi yang bermanfaat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan desa.

“Fungsi APDESI harus dimanfaatkan secara optimal untuk menjadi bagian dari solusi bagi setiap permasalahan yang ada di masyarakat, mengayomi masyarakat serta melahirkan inovasi yang bermanfaat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan desa di Provinsi Jambi,” kata Gubernur Al Haris.

Dikatakan Gubernur Al Haris, desa-desa di Provinsi Jambi memiliki kekayaan alam yang melimpah, potensi sumber daya yang beragam, yang jika dimanfaatkan secara optimal akan mampu membangun dirinya.

”Sumber daya dan keunggulan yang dimiliki oleh tiap-tiap desa di Provinsi Jambi menjadikan desa-desa berperan penting dalam pembangunan Provinsi Jambi, bahkan pembangunan nasional,” kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengemukakan, melalui forum APDESI ini, DPC APDESI Kabupaten Merangin dan kabupaten Se-Provinsi Jambi harus mampu menjadi solusi yang tepat untuk mengakomodir permasalahan yang ada di desa, kendala terkait pemanfaatan potensi desa, serta mampu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya desa dengan sebaik-baiknya dalam rangka menjadikan desa se-Provinsi Jambi maju dan sejahtera, sekaligus menjadi desa mandiri dengan masyarakat yang berdaya serta unggul dan berkualitas.

“Desa berkontribusi besar untuk menjaga stabilitas nasional, untuk itu pembangunan desa hendaknya tidak hanya fokus pada pembangunan fisik saja, namun juga pada pembangunan bidang lainnya, seperti pembangunan indeks manusianya, sosial, politik, budaya dan lain-lain. Kesuksesan pelaksanaan pembangunan desa menjadi kunci terwujudnya stabilitas di tingkat daerah hingga tingkat nasional,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menjelaskan, peran aparatur desa menjadi amat sentral, aparatur desa adalah mediator, pengayom, sekaligus pemberi solusi yang memberi dampak langsung pada masyarakat.

“Keberadaan APDESI dapat menjadi jembatan yang memperkuat sinergitas aparatur pemerintah desa dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta seluruh pihak terkait, sekaligus mendorong aparatur pemerintah desa untuk menghasilkan terobosan dan inovasi dalam rangka mendorong pembangunan dan pemberdayaan desa yang sejahtera dan berkelanjutan,” kata Gubernur Al Haris.

Orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut juga berpesan kepada pengurus dan anggota DPC-APDESI Kabupaten Merangin yang baru dilantik hendaknya, pertama, terus meningkatkan kualitas musyawarah dan rembuk desa, dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, untuk menampung aspirasi dalam membangun desa, kedua, memaksimalkan pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, termasuk dari sisi pengawasan, supaya pelaksanaan anggaran di desa menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa, ketiga, terus meningkatkan tata Kelola dan operasionalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang diharapkan menjadi salah satu penggerak dan memberikan daya ungkit terhadap perekonomian desa, keempat, akhir-akhir ini, Desa Wisata semakin berkembang, desa-desa berlomba-lomba untuk mengembangkan desanya menjadi Desa Wisata sesuai dengan potensi yang dimilikinya, yang tentunya ditujukan untuk meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sementara itu, Ketua DPC APDESI Kabupaten Merangin Tanrican, SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH yang bersedia hadir dalam pelantikan ini.

“Kami bertekad akan menjaga kekompakan dan kedamaian dalam rangka melanjutkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. APDESI yang hadir dari Kabupaten Merangin adalah sebanyak 225 orang dan DPD 200 orang,” kata Tanrican.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *