Pj Bupati Merangin Buka Konsultasi Publik

Daerah3499 Dilihat

Orasi.id, Merangin – Pj Bupati Merangin, H Mukti membuka forum konsulasi publik rancangan awal (Ranwal) RPJPD Kabupaten Merangin tahun 2025-2045 dan ranwal RKPD Kabupaten Merangin tahun 2025 pada Rabu, 21 Februari 2024.

Dikatakan H Mukti pada forum yang berlangsung di Aula Depati Payung Bappeda Merangin tersebut, forum konsultasi publik merupakan momen yang sangat strategis untuk bekomunikasi dan berkoordinasi rencana pelaksanaan pembangunan.

“Rencana pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045, merupakan dokumen perencanaan induk yang bersifat holistik dan komprehensif, karena menentukan arah pembangunan daerah untuk dua dekade mendatang,” ujar Pj Bupati.

Dengan visi RPJPD tahun 2025-2045 lanjut Pj bupati, Merangin berdaya saing, maju dan berkelanjutan’. Untuk mewujudkan visi daerah tersebut, ditempuh melalui empat misi daerah Kabupaten Merangin.

“Jadi keempat misi daerah itu, mewujudkan transformasi sosial, mewujudkan transformasi ekonomi, mewujudkan transformasi tata kelola Pemerintahan dan memantapkan pembangunan infrastruktur yang merata, berkualitas serta berkelanjutan,” kata H Mukti.

Semua itu ditopang dengan arah kebijakan pembangunan, pemenuhan pelayanan dasar kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang produktif dan berbudaya.

Selain itu, penguatan produktivitas dan pengembangan perekonomian berbasis potensi daerah, penguatan tata kelola pemerintahan yang efektif, efesien dan berdampak dan peningkatan pemerintahan dan kualitas infrastruktur daerah.

“Dalam menyusun dokumen perencanaan ini, agar memprioritaskan pengembangan Geopark Merangin Jambi sebagai taman bumi dengan konsep manajemen pengelolaan kawasan,” ucap Pj Bupati.

Tentunya sambung H Mukti, dengan menyerasikan keragaman geologi, hayati dan budaya, melalui prinsip konservasi, edukasi dan pembangunan yang berkelanjutan di kawasan terintegrasi Kabupaten Merangin

RPJPD Kabupaten Merangin tahun 2025-2045 jelas Pj bupati, akan menjadi rujukan bagi para kontestan pemilihan kepala daerah tahun 2024, dalam menyusun formulasi visi misi dan program prioritas yang merupakan inplementasi dari rencana jangka panjang pembangunan Kabupaten Merangin di periode pertama 2025-2029.

Sedangkan rencana awal RKPD Kabupaten Merangin yang disusun terang Pj bupati lagi, merupakan dokumen perencanaan daerah untuk tahun 2025, yang memedomani arah kebijakan pembanguna daerah, dalam dokumen rancangan Rencana Pembangunan Dareah (RPD) Kabupaten Merangin tahun 2024-2026 serta memperhatikan prioritas pembangunan nasional dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Pada kesempatan itu, Pj bupati menandatangani berita acara RPJPD Kabupaten Merangin tahun 2025-2045 dan RKPD Kabupaten Merangin tahun 2025 disaksikan Kepala Bappeda Provinsi Jambi diwakili bidang infrastruktur kewilayahan Syamsul Bakrie, Tenaga Ahli Universitas Brawijaya Restu Aulia Pratama.

Tampak hadir Asisten I Setda Merangin M Sayoeti, Kepala Bappeda Merangin Dr Agus Zainuddin dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin serta para Camat se-Kabupaten Merangin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *