Berkali-kali Jebol, Jembatan Surono Mengganggu Aktivitas Masyarakat

Daerah1129 Dilihat

Orasi.id, Jambi – Jembatan penghubung Desa Kasang Kumpeh dan Desa Kasang Pudak kembali jebol. Kerusakan ini berada tepat di Jalan Raya Desa Kasang Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Keadaan ini kembali terjadi setelah hujan lebat beberapa hari belakangan. Ditambah dengan kondisi tanah rawa yang berada di sekitar lokasi menjadikan jembatan ini rentan jebol.

Akibatnya kemacetan terjadi di jalan utama, akses satu-satunya bagi masyarakat Desa Kasang Pudak menuju Kota Jambi.

“Karena ini bukan yang pertama kalinya jembatan itu jebol, masyarakat meski melewati jalur alternatif yang terkesan rusak dan berada di tengah-tengah pemukiman. Selain pengendara motor dan mobil pribadi, banyak juga mobil truk bermuatan melintasi jalur alternatif.

Saat jam pekerja melintas, jalur ini pasti akan macet, ketika ini jembatan jebol ini sangat mengganggu aktivitas,” kata Yuda salah seorang warga yang melintas, Rabu kemarin, 3 Januari 2024.

Pemerintah terkait disebut telah beberapa kali memperbaiki jembatan ini namun kembali jebol lagi. Masyarakat mengaku tidak tahu dimana kesalahannya namun satu hal pasti pemerintah terkait terkesan asal-asalan dalam pengerjaan masalah jembatan ini.

“Karena telah terjadi berkali-kali,” ujar Yuda.

Ditambahkan dia bahwa sebenarnya masalah yang terjadi bukan sekadar pengerjaan jembatan yang rusak, namun sebab lain yang terkait seperti muatan mobil truk melebihi kapasitas jalan juga bisa menjadi penyebabnya. Mengingat banyak industri pabrik maupun gudang yang ada di Desa Kasang Pudak. Ketegasan pemerintah terkait pun dituntut dalam hal ini.

“Terlalu sempit jika berpikir bahwa masalah hanya ada pada jembatan ini, tetapi lebih luas masalahnya ada pada manajemen pemerintahan yang mengakomodir semua kepentingan masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *