Halal Bihalal Ngundang ASN Bersama HAR, Giliran Pengamat Sayangkan Manufer Fasha

Daerah372 Dilihat

Orasi.id, Jambi – Kontoversi terus bergulir jelang acara Halal Bihalal Syarif Fasha dan A Rahman atau HAR yang akan berlangsung besok, Sabtu 27 April 2024.

Bawaslu Kota Jambi menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jambi soal undangan tersebut. Dimana Bawaslu melarang ASN dalam hal ini Lurah untuk menghadiri acara itu.

Sudah kita imbau ke Pemkot melalui Kabag Hukum agar mengintruksikan Camat dan Lurah agar tidak menghadiri giat tersebut,” kata Johan Wahyudi, Kamis malam 25 April 2024.

Namun Kadiskominfo Kota Jambi Abu Bakar ketika dikonfirmasi tidak menjawab dengan konkrit soal undangan tersebut, apakah ada sanksi bagi Lurah jika mengadiri acara tersebut? Dia menyampaikan begini.

“Dalam berbagai kesempatan Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih selalu menegaskan hal itu kepada aparaturnya mulai dari Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, hingga RT,” kata Abubakar, lewat WhasApp, Jumat 26 April 2024.

Bahkan untuk menegaskan hal itu, lanjut dia, Pj Wali Kota Jambi menerbitkan instruksi Wali Kota Jambi nomor: HKM.05/O1/INS/I/HKU/2024, tanggal 24 Januari 2024, tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara dan Non Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Kalau dilihat dalam Instruksi Wali Kota Jambi No: HKM.05/O1/INS/I/HKU/2024 tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara dan Non Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Tidak ada toleransi bagi ASN untuk terlibat dalam politik praktis.

“Terhadap Aparatur Sipil Negara dan Non Aparatur Sipil Negara yang melakukan pelanggaran dikenakan sanksi sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” dilansir dari point Kedua
Instruksi Wali Kota Jambi No: HKM.05/O1/INS/I/HKU/2024.

Sementara itu salah seorang pengamat sosial yang juga warga Jambi, Idris menilai bahwa setidaknya A Rahman kini sudah berstatus Bakal Calon Walikota. Hal ini sebagaimana tampak dalam Kop undangan dan juga langkah-langkah politis HAR sejauh ini.

“Dan juga dia kan sudah melalui tahapan-tahapan pendaftaran ke berbagai Partai,” katanya.

Untuk Fasha, Idris menilai bahwa mantan Walikota Jambi 2 periode itu tak dapat disangkal memang termasuk tokoh yang memiliki kemampuan luar biasa di Kota Jambi. Ia pun menyayangkan sikapnya yang terkesan menggalang dukungan dari berbagai kalangan termasuk ASN dalam hal ini Lurah kepada suksesornya.

“Namun disayangkan ketika masuk perhelatan politik ini ada keganjilan, ikut bermanufer,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *