Spekulasi Surat Edaran Pj Bupati Merangin, Ini Penjelasan Kabag Prokopim

Daerah2105 Dilihat

DETAIL.ID, Merangin – Spekulasi yang muncul di tengah masyarakat, dampak dari Surat Edaran Pj Bupati Merangin yang mengimbau agar semua OPD, BUMN, BUMD, Camat dan sekolah untuk membuat sepanduk dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

Sebagian masyarakat menduga Surat Edaran Bupati memiliki maksud tersendiri dan sudah masuk pada kepentingan politik pemilihan kepala daerah tahun 2024. Selain itu peta politik di Merangin memunculkan nama-nama baru untuk maju sebagai kepala daerah. Apalagi tahun 2024 tidak ada petahana yang maju sehingga suhu politik di Merangin menjadi “hangat”.

“Kalau saya melihat edaran Bupati, sudah bisa ditebak arahnya ke mana, apalagi dalam desain sepanduk yang dicetak tidak disertakan Sekda, ada apa ini? Atau jangan-jangan untuk momen kepentingan pilkada,” kata pria yang akrab dipanggil Tris, salah satu warga Renah Pamenang pada Minggu, 10 Maret 2024.

Hal senada juga disampaikan Ari, salah satu warga Merangin lainnya bahwa dalam Surat Edaran Bupati mestinya tetap menyertakan foto Sekda, sebab dalam tata pemerintahan ada Pj Bupati dan Sekda Merangin.

“Mestinya wajib disertakan foto Sekda, janganlah ditampakkan kepentingan politiknya, tapi mengabaikan etika pemerintahan,” ujar Ari.

Sementara itu, Pj Bupati Merangin, Mukti mengatakan dirinya tidak tahu soal desain spanduk, dan jika ada yang membuat sepanduk menggunakan foto Sekda juga boleh.

“Enggak tahu itu desainnya…mau pake jugo boleh ndo,” kata Mukti melalui pesan WhatsApp.

Terpisah Kabag Prokopim kabupaten Merangin, Khoirudin juga membalas konfirmasi media ini lewat pesan WhatsApp.

“Terkait dengan spanduk menyambut bulan Ramadan tidak ada kata diwajibkan ya, cuma imbauan saja untuk membuat spanduk meramaikan datangnya bulan Ramadan. Terkait mau membuat apa tidak, diserahkan dengan instansi, kecamatan dan desa masing-masing. Itu sebenarnya juga sudah dari Bupati-bupati sebelumnya baik itu menyambut Ramadan, Idul Fitri atau momen lainnya, terima kasih,” kata Khoirudin menjawab pesan WhatsApp.

Reporter: Daryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *