Sekolah Daring Diperpanjang, Kabut Asap Kian Menebal

Berita, Daerah, Peristiwa1687 Dilihat

Jambi – Kembali diperpanjang sekolah daring bagi pelajar PAUD hingga SMP sederajat, kebijakan ini diputuskan setelah kabut asap akibat karhutla yang masih pekat.

“Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring (online) bagi pelajar PAUD, TK, SD, SMP sederajat baik negeri/swasta di Kota Jambi diperpanjang lagi selama tiga hari ke depan,” kata Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar dalam keterangan tertulisnya diterima oleh awak media, Minggu, 8 Oktober 2023.

Keputusan itu tertuang dalam surat edaran Wali Kota Jambi Nomor 19/EDR/HKU/2023 tertanggal 8 Oktober 2023. Tentang perpanjangan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada masa kabut asap di Kota Jambi.

Diperpanjang sistem belajar daring atau pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi pelajar sekolah ini terhitung pada tanggal 9 sampai 11 Oktober 2023.

“Fluktuasi kondisi kabut asap masih dalam kategori tidak sehat atau unhealthy, tentu saja kondisi ini akan berdampak membahayakan bagi anak-anak peserta didik, mulai dari usia kelompok bermain hingga sekolah menengah pertama di Kota Jambi. Untuk itu, Wali Kota Jambi memutuskan untuk kembali memperpanjang pelaksanaan KBM secara daring selama 3 hari ke depan,” ujar Abu Bakar.

Abu Bakar menyebut, awalnya Pemkot Jambi melalui Gugus Tugas telah menyiapkan dua opsi untuk mengatur klasifikasi tingkat kerentanan pelajar yang dapat sekolah maupun tidak. Namun, karena pertimbangan keselamatan siswa sebagai kelompok rentan yang mudah terpapar ISPA, opsi tersebut dikesampingkan.

“Awalnya ada dua opsi pelaksanaan KBM. Opsi kesatu ada pelonggaran untuk metode tatap muka di sekolah dan opsi kedua untuk tetap PJJ. Tetapi karena sekali lagi dengan mempertimbangkan keselamatan anak-anak, kita putuskan seluruhnya tetap PJJ,” ujar Abu Bakar.

Abu juga mengatakan bahwa substansi edaran terbaru tersebut, masih sama dengan edaran yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Terkait dengan potensi kabut asap selama beberapa hari ke depan, Abu menginformasikan bahwa berdasarkan data prakiraan cuaca dari BMKG, akan terjadi kepekatan udara kabut asap yang kemungkinan terjadi pada hari Senin 9 Oktober 2023.

“Prakiraan dari BMKG, pada pagi hari hingga menjelang siang, pada hari Senin akan berasap. Namun dini hari menjelang pagi diperkirakan akan ada hujan ringan. Pada hari Selasa tanggal 10 Oktober, akan ada asap pada tengah malam namun di pagi hari cuaca akan berawan hingga siangnya. Dan pada hari Rabu 11 Oktober, diperkirakan pada malam hari akan ada hujan petir dan pagi hari cuaca akan berawan hingga cerah,” katanya.

Kepada masyarakat, Pemkot Jambi terus menghimbau agar dapat mengurangi aktivitas luar ruang jika tidak mendesak, terutama bagi anak-anak dan kelompok rentan lainnya. Selain itu masyarakat untuk hindari sumber polusi, tidak membakar lahan dan sampah, tidak merokok, menutup ventilasi rumah, kantor, sekolah, tempat umum saat tingkat polusi udara tinggi.

“Untuk menghindari dampak ISPA seringlah menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruang,” ujar Abu Bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *