Polri Secara Resmi Melaksanakan Operasi Pengamanan Pemilu Mulai 17 Oktober 2023

Berita, Nasional4348 Dilihat

Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara resmi mulai melaksanakan Operasi Mantap Brata mulai tanggal 17 Oktober 2023.

Adapun Operasi Mantap Brata ini merupakan operasi pengamanan selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

“Untuk pelaksanaan Operasi Mantap Brata rencana akan digelar pada tanggal 17 oktober 2023, itu operasi sesuai rencana operasi akan digelar selama 222 hari,” kata Kabag Anev Robinops Sops Polri Kombes Muhammad Firman di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2023.

Firman menuturkan bahwa nantinya Polri akan melakukan penyesuaian terkait pengerahan personel. Hal ini tentunya disesuaikan dengan karakteristik dan kerawanan di masing-masing daerah.

Selanjutnya dia mengatakan, tujuan operasi ini untuk menciptakan keamanan, kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Sementara itu, Firman menyebut ada 12 wilayah hukum kepolisian daerah (polda) yang menjadi prioritas pertama atau dinilai sangat rawan selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Penentuan wilayah prioritas ini dilakukan Polri berdasarkan tingkat kerawanan gangguan pada Pemilu 2024.

“Yang mana ada 12 polda merupakan prioritas pertama, prioritas 1 merupakan prioritas yaang sangat rawan,” kata Firman.

Adapun 12 polda yang masuk katagori prioritas 1 adalah wilayah hukum Polda Jawa Timur (Jatim), Aceh, Sulawesi Tenggara (Sultra), Maluku, Kalimantan Barat (Kalbar), Bali, Jawa Tengah (Jateng), Metro Jaya, Sumatera Utara (Sumut), Jawa Barat (Jabar), Sulawesi Utara (Sulut), dan Papua.

Sementara itu, 22 wilayah polda lainnya, kata Firman, masuk kategori prioritas 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *