Hujan Membuat Harga Cabai di Kota Medan Semakin Pedas

Daerah1210 Dilihat

Orasi.id, Medan – Dalam sepekan terakhir Medan sebagai ibukota dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selalu dilandasi hujan, baik dalam skala deras atau pun ringan.

Situasi ini membuat harga cabai merah di banyak pasar tradisional di Kota Medan malah semakin “pedas”, naik sekitar Rp 7.000 menjadi Rp 30.000 per kilogram (Kg).

“Padahal saat awal Tahun Baru 2024 kemarin, harga cabai merah untuk setiap kilogramnya tercatat sebesar Rp 23.000 di banyak pasar tradisional,” ucap Gunawan Benjamin kepada Orasi.id, Rabu 10 Januari 2024.

Sebagai informasi, pria ini adalah pengamat ekonomi sekaligus akademisi dan pengajar ekonomi syariah di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

Kata dia, dari hasil pantauan PIHPS (pusat informasi harga pangan strategis), harga cabai di kota medan di awal tahun ini bergerak stabil dan berfluktuasi ringan.

Sementara itu, sambung Gunawan, harga sejumlah kebutuhan pangan lainnya seperti bawang, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, telur ayam hingga beras semuanya juga masih bergerak mendatar.

“Harga cabai merah mengacu pada Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) rata-rata di kota Medan yang dijual sebanyak Rp 26.500 per Kg, dan cabai rawit ditransaksikan rata-rata di harga 34 ribu per Kg,” kata dia.

Untuk harga bawang merah berada di kisaran 29.100 per Kg di Medan, bawang putih memang harganya belakangan ini mengalami kenaikan dan rata rata dijual di angka Rp 38.200 per Kg mengacu kepada PIHPS.

“Untuk harga daging sapi juga masih stabil, dari pantauan saya masih berada di kisaran Rp 120.000 hingga Rp 130.000-an per Kg,” ujarnya.

Telur ayam juga masih stabil dikisaran angka Rp 26 ribuan per Kg. Atau sekitar Rp 1.500 per butir untuk telur ayam kualitas sedang.

Gula pasir terpantau bergerak Rp 16 ribu hingga Rp 17 ribu per Kg, minyak goreng ditransaksikan Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu per Kg di wilayah Medan dan sekitarnya.

Untuk harga beras terpantau cukup stabil dalam rentang Rp 13.500 hingga Rp 15 ribu per Kg untuk beras medium dan super.

“Dari hasil pantauan di lapangan, cabai pada dasarnya cukup berfluktuasi meskipun dalam rentang kenaikan dan penurunan Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per harinya dalam sepekan terakhir,” ucap Gunawan.

Ia bilang, tidak begitu berfluktuasi namun yang perlu dikuatirkan adalah cabai masih berpeluang untuk turun. Pantauan dari sejumlah pedagang besar belakangan ini terlihat pasokan cabai mengalami peningkatan.

Potensi penurunan harga cabai masih terlihat, dimana pedagang besar banyak menambah pasokan ke pengecer yang cenderung meningkat belakangan ini.

Umumnya kalau harga mau turun itu biasanya pedagang besar menitipkan barang dengan jumlah yang lebih banyak, namun tidak secara spesifik menyebutkan berapa harga jualnya. Karena harga menunggu pembentukan dari mekanisme pasar selanjutnya.

Reporter: Heno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *