Al Haris Perkokoh Peran Camat di Masyarakat

Advertorial, PEMPROV830 Dilihat

Jambi – Gubernur Jambi, Al Haris membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) tahun 2023 yang berlangsung di Ratu Convention Center (RCC) kamis, 11 Mei 2023.

Rakor ini dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Sudirman, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jambi, Bupati/Walikota dan Camat se-Provinsi Jambi.

Gubernur Al Haris mengatakan pelaksanaan pemerintahan dan program pembangunan harus sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Hal ini dinilai sangat penting karena sinergitas sangat mendukung efektivitas dan efisiensi pencapain tujuan pembangunan, karena pada dasarnya pembangunan di Indonesia ini merupakan pembangunan integratif, yang tak terpisahkan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Kita pemerintah daerah ini sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat harus saling bersinergi. Akumulasi kerja kita semua ini untuk kemajuan republik ini menuju lebih baik lagi. Dimulai dari bawah, Pak Camat perpanjangan tangan kami di daerah, perpanjangan tangan Mendagri, juga perpanjangan tangan Bupati Walikota,” katanya.

Al Haris menjelaskan Tahun 2024, Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada serentak Nasional. Para pemangku kebijakan diminta berperan dengan maksimal untuk turut menyukseskan pesta demokrasi akbar tersebut, tentunya sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

“Untuk itu, saya minta perangkat daerah terkait untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dalam kaitannya dengan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024,” kata Al Haris

Para Kepala Daerah dan Camat diminta menjelaskan kepada masyarakat untuk tidak termakan dengan isu-isu liar yang menyatakan Pemilu akan ditunda.

“Pemilu sudah final Februari 2024, jika ada isu-isu penundaan Pemilu, itu tidak benar. Untuk itu saya minta kepada Bapak ibu semua terutama para Camat untuk menjelaskan kepada masyarakat,” katanya.

Gubernur Al Haris meminta Pemerintah baik Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa, harus menjadi pelayan masyarakat yang baik. Jangan sampai ada informasi yang tidak tersampaikan kepada masyarakat.

“Saya berharap kita semua mampu menjalankan roda pemerintahan yang baik, kita mampu melakukan komunikasi yang baik di bawah, dengan siapa saja, termasuk lsm, wartawan. Jangan ada sumbatan informasi ditengah-tengah masyarakat. Tidak ada sumbatan informasi apapun antara Pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.

Al Haris berharap agar rapat koordinasi ini menghasilkan manfaat besar dalam mendukung terwujudnya GWPP secara maksimal. Dengan demikian, semua perangkat GWPP untuk melaksanakan fungsi GWPP secara efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *