Polres Sarolangun Kawal Demo Mahasiswa Terkait Batu Bara, Berikut Hasilnya

Peristiwa797 Dilihat

Orasi.id, Sarolangun – Sejumlah mahasiswa dari Forum Mahasiswa Bintang Sembilan Kabupaten Sarolangun menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Bupati Sarolangun, Senin 1 April 2024.

Pihak Kepolisian dari Polres Sarolangun pun mengerahkan sejumlah personil untuk melakkukan pengawalan dan pengamanan aksi unras tersebut.

“Pengamanan yang dilakukan oleh Polres Sarolangun dilakukan secara tertutup dan terbuka untuk memberikan keamanan kepada pengunjuk ras agar aksi berjalan dengan aman dan kondusif,” kata Kasi Humas Polres Sarolangun, Iptu Rindradi dalam keterangan tertulisnya.

Adapun giat pengamanan dipimpin oleh  Kabag Ops Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf SH MH, turut hadir dalam pengamanan tersebut Kasat Intelkam AKP Sukman SH, Kasat lantas AKP Rio Renaldy Siregar S.T.K.,S.IK, Kapolsek Sarolangun AKP Dwiyatno SH MH, KBO Sat Intelkam Ipda M Soetrisman SH, Kanit Turjawali Ipda Purnawarman, Kadishub Sarolangun J Firdaus dan Kasat Polpp M Idrus.

Ada beberapa poin yang menjadi tuntutan dari Massa aksi diantaranya meminta Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk mengikuti INGUB yang telah di keluarkan oleh Gubernur Jambi terkait Hauling Batu Bara.

“Kemudian memfasilitasi ruang mediasi untuk pihak perusahaan, kepemilikan IUP dan transfortir untuk melakukan pertemuan khusus pemerintah, sat lantas, Dishub, pihak terkait penguna jalan dan ormas untuk membuat regulasi yang menguntungkan antar sesama masyarakat, perusahaan dan penguna jalan lainnya,” katanya.

Massa aksi juga menuntut Kepada Dishub Kabupaten Sarolangun, untuk mengaktifkan kembali jembatan timbangan untuk hauling mobil PS AS Roda 2 yang overload dianggap mengangkangi Ingub yang dikeluarkan Gubernur dan Forkopimda Provinsi Jambi.

Serta meminta kepada Kadishub Sarolangun dan Kasat Lantas Polres Sarolangun untuk benar-benar mengawasi terkait Jam operasional hauling batu Bara dan Batasan Jumlah angkutan batu bara serta teknis lainnya yang telah di atur dalam rapat koordinasi pada hari senin, 25 Maret 2024 bertempat Aula rumah dinas bupati Merangin.

Setelah melakukan aksi penyampaian orasinya, massa aksi di terima oleh Kadishub Kabupaten Sarolangun J Firdaus dan melaksanakan mediasi di ruang Asisten I Kabupaten Sarolangun, setelah dilakukan diskusi alhasil akan dilakukan mediasi kembali dengan mengundang PJ Bupati, Kapolres, Pemilik Tambang, Transportir dan unsur yang terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *