Badan Geologi: Potensi Erupsi di Gunung Ruang Masih Tinggi

Berita, Nasional413 Dilihat

Jakarta – Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta masyarakat tetap menghindari Gunung Ruang. Sebab, Gunung Ruang masih berpotensi terjadi erupsi lagi.

“Potensi erupsi masih tinggi beberapa waktu ke depan sehingga kita harus tetap waspada dan rekomendasi kami belum berubah untuk steril jarak aman 6 km dari pusat aktivitas,” ujar Ketua Tim Kerja Pengamatan Gunung Api, Heruningtyas dalam jumpa pers, Kamis (18/4/2024).

Heruningtyas mengatakan prediksi ini muncul karena aktivitas Gunung Ruang belum stabil. Terbukti dengan adanya endapan awan panas yang terlihat oleh petugas pemantau.

“Untuk kemungkinan potensi erupsi ini masih diindikasikan masih akan terjadi dikarenakan aktivitas belum stabil, dan kami juga dapat laporan tadi di sana pukul 02.00 Wita masih terjadi hujan abu. Dan juga pagi hari secara visual terlihat adanya endapan awan panas yang berada di area Gunung Ruang yang terlihat dari sisi tepi Pulau Tagulandang,” jelasnya.

Terkait ancaman tsunami, Heruningtyas tidak menegaskan apakah akan ada. Namun dia mengatakan pihaknya mewaspadai hal itu karena tsunami di wilayah tersebut pernah terjadi karena Gunung Ruang erupsi.

“Untuk ancaman tsunami sendiri kita belajar dari sejarah pada erupsi Gunung Ruang yang terjadi, itu memang tsunami yang terjadi sampai bagian barat Pulau Tagulandang setinggi 25 meter, dan berdampak beberapa ratus meter Tagulandang sisi bagian barat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *