Ini yang Disajikan BPS Sumut dalam SUDA 2024

Daerah986 Dilihat

Orasi.id, Medan – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki produk strategis yang mampu menghimpun data dan informasi dari beragam kementerian dan lembaga, termasuk berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepada para wartawan di Medan, kemarin, Kepala BPS Sumut Nurul Hasanuddin mengatakan bahwa produk strategis dimaksud dinamakan Sumatera Utara Dalam Angka (SUDA).

Kata Hasanuddin, SUDA ini akan dirilis setiap tanggal 28 Februari setiap tahunnya. Ia mengungkapkan, SUDA 2024 ini nantinya akan menyajikan data-data tentang berbagai kondisi dari 33 Kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara.

“Baik tentang geografis, ekonomi, kependudukan, sosial, pertanian, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pendidikan, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya,” kata Nurul Hasanuddin.

Ia menjelaskan bahwa data yang terjadi dalam SUDA 2024 ini memang bersumber dari data-data sektoral yang seyogyanya menjadi khasanah pengetahuan ketika dibaca oleh orang yang ingin mengenal Sumatera Utara.

“Ketika orang ingin mengenal Sumatera Utara pertama kali dengan membaca SUDA itu cukup. Berapa jumlah kabupaten, kecamatan hingga penduduknya, dan sebagainya. Semuanya ada dalam Sumatera Utara Dalam Angka,” tutur Hasanuddin.

Ia menjelaskan, produk SUDA ini sudah mereka sosialisasikan dalam.sebuah diskusi kelompok terpumpun atau focus group discussion (DKT/FGD) bertajuk “2024 dan Standar Pelayanan Statistik Terpadu”.

Kata dia, DKT itu digelar juga dalam rangka pembahasan publikasi Provinsi Sumut Dalam Angka 2024 dan demi terwujudnya data yang berkualitas.

FGD itu, sambung Hasan, diikuti 71 peserta dari berbagai instansi dan lembaga di Sumut dan berlangsung dengan sukses di ruang Lt.5 Gedung BPS Sumut, Jl. Asrama Medan.

“FGD yang kami selenggarakan beberapa waktu yang lalu itu menghadirkan tiga narasumber yang memaparkan tentang Sumut dalam Angka 2024,” kata dia.

“Yaitu, Paparan Data SUDA 2024 oleh Dwi Aryani, Paparan Standar Pelayanan oleh Prio Arif Budiman, dan Paparan Pembinaan Statistik Sektoral oleh M Dani Iskandar dengan moderator Francisca Wenny,” ujar Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanuddin.

Reporter: Heno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *