Hasan Tak Ingin Data BPS Sumut Teronggok di Perpustakaan

Daerah2059 Dilihat

Orasi.id, Medan – Melakukan pekerjaan sebagai statistisi memang tidak mudah, tetapi data yang dihasilkan harus bisa bermanfaat kepada masyarakat luas, kepada bangsa dan negara ini.

Prinsip ini dipegang kuat dan diaplikasikan langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Nurul Hasanuddin.

Kepada pada para wartawan di Medan, kemarin, pria yang akrab disapa Hasan ini mengatakan bahwa harus lebih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan manfaat dari publikasi statistik BPS Sumut.

“Kami tidak ingin publikasi ini tidak hanya teronggok di perpustakaan atau tersimpan di website BPS Sumit secara rapi, tetapi kita ingin semua tersebar luas dan dimanfaatkan sebanyak-banyaknya,” ucap Hasan.

Karena itu tidak heran kalau pihak BPS Sumut begitu rajin menggelar berbagai kegiatan yang disebut dengan pembinaan statistik sektoral.

Termasuk, kata Hasan, menggelar sosialisasi Sumatera Utara Dalam Angka (SUDA) di kantor BPS Sumut beberapa waktu yang lalu.

“Dengan pembinaan statistik sektoral ini, kita ingin data-data yang mereka kumpulkan itu berkualitas dan metodenya sudah baik,” ujarnya.

Karena, kata dia, hal ini akan menjadi data yang berseri di mana data-data tahun sebelumnya dengan sekarang akan dibandingkan wajar atau tidak.

“Atau, adakah suatu yang ekstrem maupun aneh dan sebagainya, kemudian kita perbaiki dan evaluasi,” kata Hasanudin.

Hasanudin menyebutkan, dari Sumatera Utara Dalam Angka 2023 yang telah dirilis tahun sebelumnya sudah dimanfaatkan oleh banyak masyarakat.

“Dari data yang tercatat terdapat 33 ribu lebih masyarakat yang mengaksesnya dan 8 ribu lebih yang telah mengunduhnya,” tutur Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanuddin.

Reporter: Heno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *