Dit Intelkam Polda Jambi Mengajak Insan Pers dan Media Sosial Untuk Mengantisipasi Berita Hoaks dan Menjaga Kamtibmas

Berita, Daerah1251 Dilihat

Jambi – Subdit Kamsus Direktorat Intelkam (Dit Intelkam) Polda Jambi menggelar diskusi publik dengan insan pers dan penggiat media sosial, Rabu pagi, 28 Juli 2023.

Diskusi antara insan media ini, digelar di Rumah Kebangsaan Siginjai, Jalan Tarmizi Kadir, Kelurahan Pakuan Baru, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Diskusi tersebut mengambil tema sinergisitas penggiat media sosial dan insan pers Jambi guna mengantisipasi berita hoax yang viral di media online dan sosial. Tujuannya mendukung kamtibmas menjelang Pemilu 2024 di Provinsi Jambi.

Pada kesempatan itu, Direktur Intelkam(Dir Intelkam) Polda Jambi Kombes Pol Ronalzie Agus, juga berkesempatan hadir.

Kemudian Kasubdit V Kamsus Dit Intelkam Polda Jambi Kompol Agung Pramata, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa, insan media dan penggiat media sosial.

Kombes Ronalzie mengucapkan terima kasih atas peran media yang selama ini telah menjadi rekan dan mitra yang baik dengan Polda Jambi.

Dia juga mengapresiasi atas peran media yang bisa mengcounter isu-isu soal framming negatif yang terjadi di Provinsi Jambi.

Kombes Ronalzie menyampaikan, apapun berita yang diposting, pasti punya pasar tersendiri.

“Pasti ada kelompok yang percaya. Saat kita posting kebenaran, ada kelompok yang mendukung. Jika postingan itu tidak benar, ada juga kelompok pendukungnya,” katanya.

Sikap dan peran pers dan media sosial selama ini menurutnya, lebih peduli terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Provinsi Jambi.

“Jika ada kelompok yang mengganggu situasi kambtibmas, tugas kita mengedukasi agar masyarakat cerdas dalam membaca berita agar hal yang mengganggu kamtibmas tu tidak terjadi,” ujarnya.

Selanjutnya, Mukhtadi Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi yang mewakili insan media mengapresiasi adanya kegiatan diskusi publik ini.

“Kami sepakat melawan berita-berita hoax apalagi menjelang Pemilu ini. Kami siap bekerja sama dengan Polda Jambi dalam menciptakan situasi yang kondusif,” ujarnya.

Sebagai media kata Mukhtadi, mereka akan terus menjalankan fungsi kontrol melalui pemberitaan agar tercipta situasi yang kondusif. Tentunya melalui pemberitaan-pemberitaan yang positif.

“Kita bisa menentukan mana yang baik dan buruk terkait pemberitaan. Karena, pemberitaan yang kita keluarkan tersebut sudah pasti bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit V Kamsus Dit Intelkam Polda Jambi, Kompol Agung Pratama menyampaikan, diskusi ini tentunya sangat berguna bagi jajaran Dit Intelkam dan semuanya.

“Karena ke depan kita akan menghadapi pesta demokrasi. Tentunya kami dari Dit Intelkam Polda Jambi butuh patner ubtuk menciptakan situasi yang kondusif. Terkait pemberitaan,” ujarnya.

Dia mengajak, untuk bersama-sama bisa mengontrol untuk menjaga situasi yang kondusif. “Jika situasi kondusif, implikasinya bisa berdampak positif,” ujarnya.

Dit Intelkam Polda Jambi, kata Kompol Agung, juga setiap hari berselancar memantau media online dan media sosial untuk mengawasi atau memonitor terkait situasi yang ada di Jambi ini, apalagi menjelang Pemilu.

Hasilnya, ada beberapa media online dan media sosial yang menurut pantauan tim mereka, bisa menggangu situasi kamtibmas.

“Hasil profilling yang kita lakukan, ada beberapa media yang seperti ini. Namun, kita lakukan pendekatan, agar mereka tidak lagi melakukan hal-hal yang bisa mengganggu kamtibmas,” ujarnya.

“Alhamdulillah, saat ini situasi masih kondusif atau dalam tahap landaiĀ  karena kita dari Polri wajib menjaga situasi tetap aman,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *