Beberapa Tips yang Diperlukan Agar Baterai Handphone Tidak Boros Pada Saat Pulang Kampung

Edukasi, Teknologi1237 Dilihat

Jakarta – Perjalanan pulang kampung sering kali menempuh waktu yang tidak sebentar. Selama di dalam perjalanan, anda perlu mengetahui tips hemat baterai hp Android dan iPhone saat mudik pulang kampung. Terlebih, hp menjadi salah satu perangkat yang cukup penting yang dibawa saat perjalanan.

Selain sebagai alat komunikasi, hp juga diperlukan di perjalanan sebagai hiburan, sarana navigasi, dan lainnya.

Namun, tidak semua hp awet baterainya lantaran ada juga yang berdaya terbatas. Belum lagi, anda mungkin kesulitan menemukan tempat untuk mengisi daya baterai hp saat mudik.

Maka dari itu, diperlukan trik khusus agar baterai hp baik di Android maupun iPhone bertahan lama dan tidak mudah boros selama perjalanan mudik.

Tips Hemat Baterai Hp Android dan iPhone saat Mudik

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghemat baterai hp Android dan iPhone, dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Gunakan mode hemat daya
    Tips pertama adalah menggunakan mode hemat daya. Anda dapat mengaktifkannya secara otomatis untuk mengurangi fungsi yang dapat menghabiskan masa pakai baterai, seperti dikutip dari laman Pcmag.

Dengan menggunakan mode ini, hp akan membatasi kecepatan mesin hingga 70 persen dan menurunkan kecerahan hingga 10 persen. Cara ini cukup efektif menghemat baterai jika Anda sedang berada di perjalanan.

  1. Aktifkan mode pesawat
    Apabila di perjalanan Anda hendak tidur dan ponsel tidak akan digunakan, sebaiknya aktifkan mode pesawat atau airplane mode untuk sementara waktu.

Mengaktifkan airplane mode membuat hp dalam kondisi offline. Koneksi internet sendiri dapat menguras daya baterai hp.

  1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan
    Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang bahkan ketika tidak digunakan dapat menguras baterai hp. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Anda dapat memeriksanya secara berkala untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang berjalan. Aplikasi yang tidak Anda gunakan bisa dihapus atau dinonaktifkan.

  1. Kurangi kecerahan layar hp
    Tips hemat baterai hp Android dan iPhone saat mudik berikutnya adalah dengan mengurangi kecerahan layar hp. Untuk mengaturnya, Anda bisa melihat pada menu Setting atau Pengaturan di hp Android.

Anda juga bisa menonaktifkan kecerahan otomatis, sebab fitur ini memang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan. Akan tetapi juga dapat membuat layar jadi cerah secara berlebihan.

  1. Matikan GPS
    Dikutip dari laman Developer Android, mematikan GPS merupakan salah satu cara yang paling signifikan untuk menghemat baterai hp.

Anda bisa mematikan sementara fungsi GPS dengan menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi. Caranya adalah membuka Pengaturan> Keamanan & lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

  1. Matikan Wi-Fi, bluetooth, dan data otomatis
    Selain GPS, Wi-Fi, bluetooth, dan data seluler juga bisa menguras baterai hp. Terlebih jika Wi-Fi yang tidak ada jaringannya, hal itu bisa membuat ponsel terus bekerja ekstra mencari jaringan dan dapat menguras kinerja baterai.

Anda dapat mematikannya dengan membuka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Di bagian bawah preferensi WI-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan WI-Fi secara otomatis.

  1. Matikan notifikasi
    Beberapa aplikasi biasanya dibekali dengan kemampuan mengantarkan informasi melalui notifikasi agar mudah dilihat oleh pengguna. Namun, hal ini dapat menguras baterai hp.

Anda dapat mematikan beberapa notifikasi untuk aplikasi yang menurut Anda tidak dibutuhkan. Caranya dengan masuk ke menu Setting, lalu ke menu App Notifications.

Itulah tips hemat baterai hp Android dan iPhone saat mudik. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *